Kamis, Agustus 16, 2007

KALBAR THE SEMIFINALIST OF ISDC 2006

Indonesian Schools Debating Championship (ISDC) adalah kompetisi debat parlementar tingkat SMU se-Indonesia. Selain sebagai kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh tim-tim yang mewakili berbagai provinsi di Indonesia, ISDC juga menjadi wahana seleksi delegasi Indonesia ke World Schools Debating Championship (WSDC) setiap tahunnya.

Sebelum tahun 2002, delegasi Indonesia ke WSDC dipilih oleh Departemen Pendidikan Nasional berdasarkan beberapa pertimbangan. Salah satu pertimbangan tersebut adalah hasil dari kompetisi High School Debating Championship (HSDC) yang diadakan oleh English Debating Society Universitas Indonesia (EDS UI), yang didirikan tahun 1997 oleh tim Indonesia pertama yang mengikuti All Asian Intervarsity Debating Championship, yaitu Patsy Widakuswara, Achmad Soekarsono, Permata harahap dan Hisar Maruli Manurung dari Universitas Indonesia. Berdasarkan prestasi yang menjanjikan yang diraih delegasi Indonesia ke WSDC 2001 dan 2002, Departemen Pendidikan Nasional akhirnya menunjuk Association for Critical Thinking (ACT) sebagai pelaksana tetap ISDC sebagai wahana seleksi delegasi Indonesia ke WSDC hingga sekarang (2006).

ACT sendiri merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk oleh beberapa alumni pedebat dari Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya, dan Institut Teknologi Bandung. ACT bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis di kalangan pelajar Indonesia dengan kegiatan debat kompetitif sebagai alat andalannya. Dalam melaksanakan ISDC, ACT bekerjasama dengan para guru di provinsi-provinsi dan dengan komunitas debat di tingkat universitas.

Pada ISDC 2002 dan 2004, selain tim yang mewakili provinsi, panitia juga mengundang beberapa sekolah yang unggul prestasi debatnya untuk menambah jumlah tim dan membantu menaikkan kualitas kompetisi secara keseluruhan. Sejak ISDC 2005, hal ini tidak dilakukan lagi sebab pesertanya sudah berjumlah 32 tim dari 32 provinsi di Indonesia.

ISDC 2002 memilih delegasi Indonesia ke WSDC 2003, namun karena rentang waktu antara WSDC 2003 dan 2004 terlalu kecil, diputuskan bahwa delegasi yang sama juga dikirim ke WSDC 2004 (kecuali satu orang yang harus diganti karena sudah lulus SMU).

HASIL ISDC 2006

ISDC 2006 dilaksanakan pada tanggal 30 November hingga 8 Desember 2006 di Cisarua, Bogor dengan hasil sebagai berikut:
National Round :

Juara I : Bali (Putu Norma Astyari, Made Abigail Ayu Sutika S, Chandra Adiputra)
Juara II : Jawa Barat (Aria Danaparamita, Rara Sekar Larasati, Fathir Ramadhan)
Semifinalis : Sumatra Selatan dan Kalimantan Barat*)

8 Pembicara terbaik adalah 3 orang dari DKI Jakarta (Natalia Rialucky, Yosef Galih, Jeanette Tamara), 3 orang dari Bali (Putu Norma Asytari, Made Abigail Ayu Sutika S, Chandra Adiputra), 1 orang dari Jawa Barat (Aria Danaparamita), dan 1 orang dari Lampung (Genadi S)
Delegasi Indonesia ke WSDC 2007 (Seoul, Korea): Jeanette Tamara, Aria Danaparamita, Putu Norma Astyari, Natalia Rialucky

*)Tim Kalbar : Adityo Darmawan Sudagung (1st Speaker)
Edy Haryanto (2nd Speaker)
Elliza Viyantina (3rd Speaker)

Semoga tahun ini Tim Kalbar Lebih baik lagi,,teruskan prestasi KalBar..Amin,,

1 komentar:

rusdy_gm mengatakan...

Congratulation. rather late, may be. or even really late, but considering that this is the first time for me to know about this blog, you can give justification for this. I am an alumnus of SMA 3, graduated in 2001. My name is Rusdy Ghazali Malueka. again congratulation. I am sure it is much more difficult in your era guys, than in mine. in my era debating was just growing as a new trend, I didn't even know what is first speaker, second speaker or third speaker when I went to Bogor for a high school debating championship. not to mention about the asian parliamentary, australiation parliamentary. in your era, I am sure you get more challenge. congratulation. keep on fighting.